google sherch counsoul berikut daftar wilayah yang akan mengalami dampak cuaca ekstrim berdasarkan data dari BMKG - PORTAL KALBAR
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

berikut daftar wilayah yang akan mengalami dampak cuaca ekstrim berdasarkan data dari BMKG

BMKG memberi peringatan mengenai cuaca ekstrim yang akan mengalami peningkatan selama periode musim penghujan yang masih akan berlangsung hingga bulan februari 2021 mendatang.

 BMKG Sebelumnya telah mengingatkan sejak Oktober 2020 lalu telah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

 BMKG "Untuk itu menurut  Deputi Bidang Klimatologi Herizal, mengutip keterangan resmi, Selasa (19/1). terus meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini.

 Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini telah memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

Dwikorita Karnawati mengatakan dalam satu kesempatan di jakarta ,Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan.

hal tersebut disebabkan atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia


menguatnya Monsun Asia yang memicu cuaca ekstrim yang akan terjadi yang ditandai dengan semakin kuatnya aliran angin lintas ekuator di Selat Karimata, diperkuat oleh pengaruh hadirnya gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia.

Kehadiran MJO tersebut dapat ber-superposisi dengan penguatan Monsun Asia yang dapat pula disertai munculnya fenomena seruakan dingin (cold surge) di Laut Cina Selatan. Selain itu, teramati beberapa sirkulasi siklonik di selatan Indonesia dan utara Australia yang menyebabkan terbentuknya belokan, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) sehingga meningkatkan pertumbuhan gugus awan supersel yang berpotensi menimbulkan curah hujan tinggi.

BMKG kemudian memberi daftar wilayah yang mesti waspada cuaca ekstrem mulai tanggal 18 hingga 24 Januari 2021:

  1. - Aceh,

  2. - Sumatera Utara,

  3. - Sumatera Barat,

  4. - Riau,

  5. - Jambi,

  6. - Sumatera Selatan,

  7. - Lampung,

  8. - Banten,

  9. - DKI Jakarta,

  10. - Jawa Barat,

  11. - Jawa Tengah,

  12. - Yogyakarta,

  13. - Jawa Timur,

  14. - Bali,

  15. - Nusa Tenggara Barat,

  16. - Nusa Tenggara Timur,

  17. - Kalimantan Tengah,

  18. - Kalimantan Utara,

  19. - Kalimantan Timur,

  20. - Kalimantan Selatan,

  21. - Sulawesi Utara,

  22. - Sulawesi Tengah,

  23. - Sulawesi Selatan,

  24. - Sulawesi Tenggara,

  25. - Maluku Utara,

  26. - Papua Barat, 

  27. - Papua.

Dampak cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem tersebut sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti 

Post a Comment for "berikut daftar wilayah yang akan mengalami dampak cuaca ekstrim berdasarkan data dari BMKG "