google sherch counsoul PLN mulai pulihkan pasokan listrik wilayah kalbar dan kalsel akibat banjir yang merendam gardu - PORTAL KALBAR
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PLN mulai pulihkan pasokan listrik wilayah kalbar dan kalsel akibat banjir yang merendam gardu

banjir di wilayah kalbar dan kalsel tampaknya sudah mulai surut ,untuk mengamankan pasokan listrik terhadap dua provinsi tersebut pemerintah melalui PLN berusaha melakukan pengamanan pasokan listrik.

untuk provinsi terparah yang terendam banjir yakni provinsi kalsel ,untuk wilayah kalbar hanya beberapa wilayah saja seperti di kabupaten sanggau ada kecamatan entikong, kecamatan beduai dan sebagian kecamatan kembayan .


 untuk kabupaten bengkayang ada di wilayah  Kecamatan Seluas dan Kecamatan Jagoi Babang,kecamatan Siding.sedangkan wilayah lain masih menunggu informasi .



 Sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga pagi ini dilaporkan masih terendam banjir. Di beberapa daerah ketinggian muka air bahkan masih ada di kisaran dua meter.


untuk wilayah yang terkena banjir terparah yakni Kecamatan Banjar ,Kecamatan Tabalong,kecamatan Tanah Laut ,Seperti diketahui, banjir cukup besar melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan. Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Herliansyah mengatakan bahwa banjir kali ini disebabkan intensitas hujan yang tak kunjung reda ditambah air laut pasang.


dengan mulai surutnya banjir di dua provinsi tersebut  PLN wilayah kalsel dan kalbar sedang bekerja keras untuk menormalkan pasokan listrik di masing masing wilayah 

seperti di Kalsel hingga 17.00 WITA dilaporkan sebanyak 867 gardu sudah berhasil dipulihkan, masih ada 671 gardu yang masih terdampak sedang diupayakan pemulihan. 43.553 pelanggan sudah menikmati listrik yang sempat terputus," ungkap Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Minggu (17/1/2021).

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat (UIW Kalbar), Ari Dartomo mengatakan pihaknya melakukan pengamanan dengan pemadaman akibat curah hujan yang tinggi. Pemadaman secara bertahap dilakukan sejak Kamis (14/1) lalu.

"Namun ketika banjir mulai surut penormalan kembali akan segera dilakukan secara bertahap," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya terus berusaha menormalkan pasokan listrik di beberapa kawasan yang kondisi airnya masih surut. Penormalan pasokan listrik dilakukan secara bertahap sambil melihat kondisi banjir dan memastikan instalasi listrik benar-benar aman untuk dialiri listrik lagi.

Senada dengan pernyataan tersebut, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan (UIW Kasel), Sudirman mengatakan sebagai upaya pengamanan terhadap keselamatan masyarakat terdampak banjir, PLN terpaksa memutus aliran listrik untuk sementara waktu hingga debit air menurun. Pemulihan tersebut dihadapkan terus meningkat seiring surutnya banjir sehingga pelanggan dapat menikmati listrik kembali.

"Sebanyak 43.553 pelanggan sudah kembali menikmati listrik dan 60.694 pelanggan masih terdampak," imbuhnya.

Post a Comment for "PLN mulai pulihkan pasokan listrik wilayah kalbar dan kalsel akibat banjir yang merendam gardu "