google sherch counsoul XL Axiata gunakan platform Zero Touch Operation Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan - PORTAL KALBAR
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

XL Axiata gunakan platform Zero Touch Operation Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan

Di tengah kompleksitas pengelolaan operasional dan jaringan yang terus meningkat dan untuk Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan perusahaan telekomunikasi XL Axiata menerapkan sebuah platform yang dinamai Zero Touch Operation.

platform ini termasuk pada  otomatisasi pengelolaan jaringan (Automation NOC-Network Operation Center),XL  mengklaim akan mempercepat proses deteksi bila terjadinya gangguan jaringan Dengan memanfaatkan platform ini.


kemudian XL akan memperhitungkan seberapa besar dampak yang dialami pelanggan,pada awalnya proses tersebut dilakukan oleh manusia, maka kini menggunakan teknologi yang disebut Artificial intelligence atau AI dan ditambah dengan machine learning atau ML.


kata Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, Kamis (21/1/2021),"Pada saat kita bicara mengenai operasional, maka kita perlu melihat apa yang kita operasikan. Jadi, kalau dilihat sampai saat ini saja jaringan XL sudah lebih 142 ribu BTS, itu hanya radio saja, masih ada perangkat lainnya.

"Teknologi yang terus berkembang membuat kita juga harus mengerti masing-masing karakteristiknya, tentunya menambah kompleksitas jaringan dan volume trafik meningkat. Dengan banyak perangkat yang dioperasikan, cara lama dalam mengoperasikan jaringan tidak relevan lagi," ungkapnya melanjutkan.

Saat ini implementasi platform Zero Touch Operation  telah berhasil memberikan manfaat antara lain ketersediaan jaringan meningkat sekitar 4,2%, volume download naik hingga 45%, waktu respon terhadap persoalan jaringan 90% lebih cepat, waktu untuk restorasi 35% lebih cepat, serta peningkatan kualitas 4G hingga 18%

Disebutkan, semua indikator tersebut menunjukkan peningkatan kinerja penanganan gangguan dan peningkatan kualitas jaringan, yang pada akhirnya bisa dirasakan langsung oleh pelanggan berupa kenyamanan menggunakan jaringan XL.

Pada intinya Zero Touch Operation ini lebih cepat mendeteksi dan juga lebih cepat mengambil keputusan," ucapnya.

Penerapan Zero Touch Operation ini merupakan bagian dari transformasi digital yang dilakukan XL sejak tahun 2019. Tujuannya agar mampu menyediakan berbagai layanan yang maksimal sesuai dengan ekspektasi pelanggan, mereka juga berupaya untuk meminimalisir dampak gangguan pada sisi jaringan.

setela Zero Touch Operation diterapkan untuk menjalankan pekerjaan yang berulang dan memiliki tingkat kognitif yang rendah, serta membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak untuk melakukannya. Dengan platform ini, semua pekerjaan yang sudah memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang baku akan bisa dikerjakan oleh mesin atau tidak perlu lagi dikerjakan secara manual.

Dalam mengadopsi Zero Touch Operation, XL bekerja bekerja sama dengan Huawei Tech Investment sebagai penyedia teknologi, sistem enablement dari Zero Touch Operation ini sudah diterapkan perusahaan sejak awal tahun 2020 dengan menghasilkan beberapa use case dari otomatisasi operation. Proyek ini ditargetkan bisa selesai di tahun 2023 mendatang.

Dalam melaksanakan transformasi digital dalam operasional perusahaan, XL Axiata telah menjalankan sejumlah inisiatif yang strategis. Selain implementasi platform Zero Touch Operation, inisiatif yang telah diimplementasikan antara lain Google Cloud - Hybrid-Cloud, Cloud Core 5G-Ready, Customer Identity and Access Management (CIAM), SAP S/4 HANA Cloud, Omnichannel Customer Value Management (CVM), dan Multi Channel Campaign Management

Post a Comment for "XL Axiata gunakan platform Zero Touch Operation Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan"